Rabu, 16 November 2016

PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN


NAMA: SEPTIA NINGRUM
NPM: 26216922
KELAS: 1EB04



PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR)
YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN


   Sebelum kita membahas tentang program corporate social responsibility( CSR) yang diterapkan oleh suautu  perusahaan kita bahas pengertian CSR, manfaat csr bagi masyarakat maupun bagi perusahaan, dan contoh perusaahan yang menerapkan program csr.
1.PENGERTIAN CSR,
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR dimulai sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena :
1.    Menurunnya gangguan social yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat.
2.    Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang.
3.    Tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.

Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.
4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
1.Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian
lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.


 2. CONTOH PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN CSR
    

PT.Glostar Indonesia

   Sebagai pemimpin dalam industri sepatu, PT.Glostar Indonesia mengakui memiliki kewajiban untuk menerapkan kebijakan tanggung jawab sosial perusahaan yang baik, dan terus meningkatkan nilai-nilai sosial di antara para pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, karyawan, investor, pemasok, dan masyarakat. CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
Contoh tanggung jawab yang dilakukan, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

3.Berikut ini adalah program–program csr PT.Glostar Indonesia:
1.Kesehatan Pekerja 
PT.Glostar Indonesia menyadari bahwa ia memiliki tanggung jawab untuk mengurus pekerjanya, dan membuat setiap usaha untuk menyediakan langkah-langkah kesejahteraan pekerja. Tindakan tersebut tidak hanya mencakup kesejahteraan dasar, tunjangan kesehatan dan asuransi, tetapi juga aspek spiritual. Grup menawarkan jenis program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pekerja dan memegang berbagai kontes dan kegiatan rekreasi sering untuk memperkaya kehidupan mereka. 
Berdasarkan "orang-berorientasi" filosofi, Grup berkomitmen untuk membuat lingkungan kerja ramah dan bekerja sama dengan pelanggan bermerek mengikuti kode etik mengenai hak-hak pekerja, seperti "tidak ada kerja paksa", "tidak ada pekerja anak", "ada diskriminasi "," tidak menganiaya "," kesehatan dan keselamatan "," kebebasan berserikat ", yang dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat serta meningkatkan efisiensi operasi. 

2.Perlindungan lingkungan 
Sesuai dengan persyaratan tertentu industri dan berdasarkan penilaian subjektif, Grup telah menyiapkan empat kriteria untuk mengevaluasi keselamatan lingkungan kerja, termasuk "relatif baik dan membahayakan", "kelayakan teknis", "analisis keuangan" dan "kebijakan perusahaan" . Di antara semua pertimbangan lingkungan, Grup yakin bahwa penanganan limbah padat, pencegahan pencemaran air dan pengelolaan bahan kimia adalah masalah yang paling signifikan. 

3.Limbah Padat dan Penanganan: 
Limbah pemangkasan Scrap kulit diklasifikasikan dan ditempatkan dalam wadah daur ulang dan telah diukur secara agresif untuk mengurangi limbah dalam proses manufaktur. 

4.Pencegahan Polusi Air: 
Fasilitas pengolahan air limbah yang dibangun untuk benar-benar dan tepat mengobati limbah. Sementara itu, perhatian dibayar untuk limbah pengurangan dan resourcing, dan laporan rutin dilakukan sesuai dengan peraturan perlindungan lingkungan. 

5.Kimia Manajemen Bahan: 
Sejak pabrik harus menggunakan jenis bahan kimia selama proses produksi, penggunaan bahan kimia secara ketat mematuhi manajemen keselamatan dan persyaratan. Para pengguna dapat menanyakan informasi yang akurat dari bahan kimia melalui internal database untuk meminimalkan risiko eksposur dan kemungkinan kerusakan. 

6.Keselamatan Pekerja 
PT.Glostar Indonesia dibawa keluar "keselamatan Pekerja kebijakan informasi dan standar dasar" dan "informasi keselamatan Pekerja memorandum" untuk menetapkan konkret janji keselamatan dan sanitasi Grup untuk operasinya. 
Grup memiliki program pelatihan fire drill untuk penjaga keamanan untuk meningkatkan keterampilan mereka pencegahan kebakaran dan kontingensi. Selain itu, Rapat Komite Keselamatan dilakukan secara periodik untuk meninjau dan meminimalkan cedera industri pada tahap awal. Selain itu, kecuali untuk pemeliharaan berkala mekanik dan listrik, Grup memperhatikan manajemen keselamatan asrama dan restoran melalui kuesioner pekerja untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik dan lebih aman bagi pekerja. 

7.Partisipasi masyarakat 
Selain merawat 'kesehatan, perlindungan lingkungan dan pekerja pekerja keselamatan, PT.Glostar Indonesia didirikan "Yue Yuen Yayasan Pendidikan" untuk berpartisipasi berbagai layanan sosial, termasuk sponsor, sumbangan, dan pengembangan masyarakat, serta mempromosikan kesadaran CSR dalam Grup. Grup sepenuhnya menyadari tanggung jawabnya sebagai warga korporasi global, dan bersedia untuk melaksanakan keyakinannya, "makan kembali ke masyarakat, menghubungkan ke dunia". mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari  Tanggungjawab Sosial Perusahaan
Contoh program CSR PT.Glostar Indonesia:
1.      program iCare Workshop
2.      acara buka puasa bersama pada saat bulan ramadhan
3.      acara mudik bersama PT.Glostar Indonesia
4.      program Summer Camp untuk anak-anak sekolah dasar
5.      program sumbangan untuk anak yatim
6.      Bantuan bencana alam
7.      Bantuan perbaikan sarana ibadah.

4. MANFAAT CSR BAGI PERUSAHAAN
 1.     Meningkatkan citra perusahaan.
2.      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
3.      Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
4.      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5.      Memberikan inovasi bagi perusahaan

5.KENDALA
      Kegiatan Corporate Social responsibility (CSR) di Indonesia masih menghadapi beragam kendala di lapangan. Salah satunya, tidak adanya rancangan induk (master-plan) mengenai CSR yang berasal dari akibatnya peran pemerintah seringkali kontra produktif. Anggaran terbatas, pelaksanaan yang belum merata, pelaksanaan yang belum terjadwal, lemahnya sosialisasi dan komunikasi,dan banyak lagi.
“Prioritas program CSR relatif berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Perusahaan yang mengeksploitasi sumber daya alam, misalnya, menempatkan masyarakat dan lingkungan selaku pemangku kepentingan prioritas. Sementara produsen barang-barang konsumsi memperlakukan pelanggan sebagai prioritas,”
Setiap perusahaan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap CSR, dan cara pandang inilah yang bisa dijadikan indikator kesungguhan perusahaan tersebut dalam melaksanakan CSR atau hanya sekedar membuat pencitraan di masyarakat (Wibisono :2007). Setidaknya terdapat tiga kategori paradigma perusahaan dalam menerapkan program CSR, diantaranya:
Pertama, Sekedar basa basi dan keterpaksaan, artinya CSR dipraktekkan lebih karena faktor eksternal, baik karena mengendalikan aspek sosial (social driven) maupun mengendalikan aspek lingkungan (environmental driven). Artinya pemenuhan tanggungjawab sosial lebih karena keterpaksaan akibat tuntutan daripada kesukarelaan. Berikutnya adalah mengendalikan reputasi (reputation driven), yaitu motivasi pelaksanaan CSR untuk mendongkrak citra perusahaan. Banyak korporasi yang sengaja berupaya mendongkrak citra dengan mamanfaatkan peristiwa bencana alam seperti memberi bantuan uang, sembako, medis dan sebagainya, yang kemudian perusahaan berlomba menginformasikan kontribusinya melalui media massa. Tujuannya adalah untuk mengangkat reputasi.
Disatu sisi, hal tersebut memang menggembirakan terutama dikaitkan dengan kebutuhan riel atas bantuan bencana dan rasa solidaritas kemanusiaan. Namun disisi lain, fenomena ini menimbulkan tanda tanya terutama dikaitkan dengan komitmen solidaritas kemanusiaan itu sendiri. Artinya, niatan untuk menyumbang masih diliputi kemauan untuk meraih kesempatan untuk melakukan publikasi positif semisal untuk menjaga atau mendongkrak citra korporasi.
Kedua, Sebagai upaya untuk memenuhi kewajiban (compliance). CSR diimplementasikan karena memang ada regulasi, hukum dan aturan yang memaksanya. Misalnya karena ada kendali dalam aspek pasar (market driven).
 Ketiga, Bukan sekedar kewajiban (compliance), tapi lebih dari sekdar kewajiban (beyond compliance) atau (compliance plus). Diimplementasikan karena memang ada dorongan yang tulus dari dalam (internal driven). Perusahaan telah menyadari bahwa tanggungjawabnya bukan lagi sekedar kegiatan ekonomi untuk menciptakan profit demi kelangsungan bisnisnya, melainkan juga tanggungjawab sosial dan lingkungan. Dasar pemikirannya, menggantungkan semata-mata pada kesehatan finansial tidak akan menjamin perusahaan bisa tumbuh secara berkelanjutan.

6.KESIMPULAN 
     Melalui berbagai Program CSR yang telah dilakukan oleh PT. Glostar Indonesia  menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sangat memperhatikan dan sangat perduli terhadap kesehatan serta kebersihan masyarakat. 
Reputasi perusahaan akan menjadi aspek sangat penting dan terkait dengan kinerja tanggung jawab sosial. Substansi ini telah diteliti oleh beberapa pakar yang menyimpulkan bahwa praktek CSR yang baik akan menghasilkan manfaat yang tidak tampak seperti reputasi, komitmen dan pembelajaran serta manfaat-manfaat yang tak tampak lainnya, misalnya efisiensi biaya operasional perusahaan. “Ini sekaligus membuktikan bahwa CSR itu bukan hanya filantropi, bukan juga hanya sekadar pencitraan serta kedermawanan”.
Perusahaan meyakini bahwa program CSR merupakan investasi demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) usaha. Artinya, CSR bukan lagi dilihat sebagai sentra biaya (cost centre) melainkan sentra laba (profit center) di masa yang akan datang. Logikanya adalah bila CSR diabaikan, kemudian terjadi insiden, maka biaya untuk mengcover resikonya jauh lebih besar ketimbang nilai yang hendak dihemat dari alokasi anggaran CSR itu sendiri. Belum lagi resiko non-finansial yang berpengaruh buruk pada citra korporasi dan kepercayaan masyarakat pada perusahaan.
Dengan demikian, CSR bukan lagi sekedar aktifitas tempelan yang kalau terpaksa bisa dikorbankan demi mencapai efisiensi, namun CSR merupakan nyawa korporasi. CSR telah masuk kedalam jantung strategi korporasi. CSR disikapi secara strategis dengan melakukan inisiatif CSR dengan strategi korporsi. Caranya, inisatif CSR dikonsep untuk memperbaiki konteks kompetitif korporasi yang berupa kualitas bisnis tempat korporasi beroperasi.
Sumber :
http://seputar-mahasiswa.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar