nama : septia ningrum
npm:26216922
kelas : 1EB04
Tahapan Kunci untuk Membangun Bisnis yang SUKSES
Memulai usaha bukan hanya di pikirkan saja namun juga
dicatat dan dilaksanakan dengan tepat. Ada tahapan dimana anda harus benar-
benar memperhatikan hal tersebut agar bisnis anda berjalan dengan lancar.
Berikut beberapa tahapan tepat dalam menjalankan bisnis:
1.Mencari ide bisnis yang tepat
Ide bisnis tdiak selamanya dari orang lain, anda bisa
memanfaatkan hobi anda sendiri. Pilihlah hobi atau kesenangan yang dapat anda
jadikan sebagai ide bisnis yang cocok dengan diri anda. Pikirkan apa saja yang
anda kuasai dan mampu dikerjakan dengan baik. Kunci sukses pengusaha adalah
menjalankan bisnis yang ia kuasai, agar dapat dengan mudah menjalankannya
karena anda sudah mengetahui seluk-beluknya.
2.Gali informasi pada bisnis yang anda minati
Sebelum anda memulai bisnis, ada baiknya memahami
karakteristik usaha tersebut agar tidak menjadi korban orang jahat yang
memanfaatkan ketidaktahuan Anda dalam menjalankan usaha tersebut.
3.Menyusun rencana bisnis
Bisnis harus direncanakan dengan tepat yang meliputi
bagaimana kita mengkonsep secara detil usaha anda, mulai dari struktur
permodalan, aspek-aspek teknis, dan manajemen pengelolaan usaha. Buatlah
rencana tersebut dalam buku khusus dan susun langkah-langkahnya dengan
sistematis. Jangan lupa untuk membuat target yang realistis, tidak terlalu
mudah dan tidak pula muluk-muluk. Perencanaan yang baik akan menjadi panduan
kita untuk mengelola suatu usaha.
4.Ukur potensi bisnis
Mengukur peluang bisnis baru yang akan dibuat adalah sangat
penting agar bisnis yang anda jalankan bisa maju. Semua usaha baru dimulai
karena ada kebutuhan. Setelah anda mampu mengidentifikasi adanya kebutuhan
pasar, barulah anda dapat menciptakan pasar yang potensial dan sesuai target
anda.
5.Riset produk yang akan dijual
Sebelum membuka bisnis, ada baiknya anda melakukan riset
terhadap produk yang akan dijual. Riset ini berfungsi untuk mengetahui minat
konsumen, hal-hal non-teknis yang kadang tidak terpikirkan, dan berbagai hal
lain yang akan semakin menajamkan rencana usaha yang telah kita susun. Riset
ini juga memungkinkan anda dalam mengetahui kekurangan ataupun kelebihan dari
produk yang hendak dijual.
6.Ciptakan produk yang unik dan menarik
Di awal bisnis yang anda jalankan, setiap produk harus mampu
mencuri perhatian konsumen. Anda harus menciptakan keunikan untuk mencuri
perhatian konsumen tapi keunikan tersebut tetap harus bercitra positif.
Keunikan itu bisa diaplikasikan dalam bentuk merek, cara pengemasan, cara
penyajian, servis purna layanan dan sebagainya.
7.Berani bersaing
Persaingan bisnis adalah sesuatu yang mutlak kita hadapi
dalam bisnis, karena itu anda harus siap dengan persaingan. Mulailah dari
rancangan produk yang mampu bersaing, mental pebisnis yang kuat dan tahan
banting serta kemampuan memperbarui ide dengan hal-hal baru yang lebih baik.
Jika memungkinkan, ubahlah lawan menjadi kawan. Ubahlah persaingan menjadi
mitra, minimal bangunlah iklim persaingan yang sehat.
8.Utamakan kualitas
Bersainglah dengan meningkatkan kualitas, bukan menurunkan
harga. Memang, pada akhirnya, harga memiliki pengaruh sangat kuat dalam
persaingan. Kualitas yang buruk membuat konsumen menjauh namun kualitas yang
baik, membuat konsumen ikhlas jika harganya sedikit mahal.Jadi pertimbangkanlah
baik-buruknya sebelum memulai usaha.
9.Promosi yang tepat
Promosi sangat penting dalam bisnis karena bisa menaikkan
citra produk yang anda jual.
Promosi yang baik adalah tepat sasaran dan hindarilah
promosi yang membuat konsumen terganggu. Promosi bisa dilakukan dengan membuat
pamflet kecil yang disebarkan ke masyarakat, kartu nama yang disisipi informasi
produk, keikutsertaan dalam event yang melibatkan massa sesuai pangsa pasar
yang dibidik. Sesuaikan bahasa, desain dan cara penyampaiannya dengan target
tersebut.
10.Konsumen adalah mitra anda
Sangat baik jika anda menganggap konsumen adalah mitra
bisnis anda, bahkan mereka bisa menjadi konsultan bisnis anda. Anda bisa
meminta pendapat mereka mengenai produk yang anda jual, hal ini sangat penting
untuk membangun keterikatan dengan anda.
11.Pemilihan lokasi bisnis yang tepat
Bisnis juga harus mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk
berjualan. Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah
lokasinya. Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan
produksi.
12.Financial
Jika anda tidak punya modal sendiri untuk berbisnis anda
bisa meminta bantuan keuangan pada pihak lain. Berhati-hatilah dalam memilih
masalah administrasi keuangan karena banyak terjadi kasus penipuan, banyak
partner yang curang atau nakal.
Anda harus menempatkan orang yang dipercaya untuk mengawasi
keuangan, kalau bisa kita tangani sendiri soal keuangan tersebut. Jadi anda
harus selalu berhati-hati agar tidak ditipu orang.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar